Penerapan Contextual and Cooperative Teaching Views (CCTV) pada materi kesebangunan

 

        

Pembelajaran matematika tidak harus di kelas. Dengan sedikit perencanaan, lingkungan sekolah ini pun bisa jadi objek pembelajaran matematika. Minggu ini, tim matematika kelas IX melakukan pembelajaran di luar kelas dengan menerapkan Contextual and Cooperatif Learning Views (CCTV) pada materi kesebangunan. Contextual and Cooperatif Learning Views (CCTV) adalah sebuah pendekatan pembelajaran dalam model pembelajaran kooperatif. Pendekatan yang dimaksud dalam pembelajaran ini adalah pendekatan kontekstual, yaitu konsep pembelajaran yang menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kelompok diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan pada tiap pos sebagai berikut:

POS 1. 
Memperkirakan ketinggian Gedung Hikmah Theathre (GHT) dari lantai 1 dengan media kertas yang sudah ada foto GHT.


POS 2.
Memperkirakan ketinggian gedung di lantai 2 dengan media tali yang dibentangkan ke tanah.


POS 3. 
Memperkirakan ketinggian tiang bendera dengan media kamera digital.





POS 4.  
Memperkirakan ketinggian lampu jalan (pi) dan lampu masjid (pa) dengan media cermin.
POS 5. 
Memperkirakan jarak gedung putra dan putri di lantai 3 dengan bantuan anggota kelompok yang ditempatkan pada tempat tertentu.

Penilaian ini akan dimasukkan dalam tugas proyek dan masuk dalam penilaian keterampilan. Di akhir tugas, setiap kelompok juga mengumpulkan kliping yang berkaitan dengan pengukuran tersebut untuk menyempurnakan penilaiannya.














Posting Komentar untuk "Penerapan Contextual and Cooperative Teaching Views (CCTV) pada materi kesebangunan"