Pembelajaran matematika tidak harus di kelas.
Dengan sedikit perencanaan, lingkungan sekolah ini pun bisa jadi objek
pembelajaran matematika. Minggu ini, tim matematika kelas IX melakukan
pembelajaran di luar kelas dengan menerapkan Contextual and Cooperatif Learning Views (CCTV) pada materi
kesebangunan. Contextual and Cooperatif Learning Views (CCTV) adalah sebuah pendekatan pembelajaran dalam model
pembelajaran kooperatif. Pendekatan yang dimaksud dalam pembelajaran ini adalah
pendekatan kontekstual, yaitu konsep
pembelajaran yang menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan
nyata yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kelompok
diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan pada tiap pos
sebagai berikut:
POS 1.
Memperkirakan
ketinggian Gedung Hikmah Theathre (GHT) dari lantai 1 dengan media kertas yang sudah
ada foto GHT.
POS 2.
Memperkirakan
ketinggian gedung di lantai 2 dengan media tali yang dibentangkan ke tanah.
POS 3.
POS 4.
Memperkirakan
ketinggian lampu jalan (pi) dan lampu masjid (pa) dengan media cermin.
Memperkirakan jarak gedung putra dan
putri di lantai 3 dengan bantuan anggota kelompok yang ditempatkan pada tempat
tertentu.
Penilaian ini akan dimasukkan dalam tugas proyek
dan masuk dalam penilaian keterampilan. Di akhir tugas, setiap kelompok juga
mengumpulkan kliping yang berkaitan dengan pengukuran tersebut untuk menyempurnakan penilaiannya.
Posting Komentar untuk "Penerapan Contextual and Cooperative Teaching Views (CCTV) pada materi kesebangunan"